Rabu, 21 Desember 2016

Tips dan Trick CMD

hai,berjumpa lagi dengan saya david
dalam postingan Kali ini ,
saya akan membagikan beberapa trick menggunakan CMD ,
Sebenarnya masih banyak trick yang lain dalam menggunakan CMD,jadi hanya beberapa saja.
berikut tips dan trick CMD-nya:
1.Perbaiki Sistem File Yang Bermasalah  
⇛Ketika Komputer terkena Virus yang menginfeksi File lalu di-scan dengan antivirus,sering kali  File sistem menjadi tidak berjalan secara baik atau berbeda dengan File aslinya.
Ada juga kasus lain seperti File sistem terhapus secara tidak sengaja akibat aplikasi lain yang melakukan kesalahan.
Namun,ada cara mudah dan sederhana yang bisa dilakukan agar file sistem kembali seperti semula tanpa perlu meng-install kembali sistem operasi , yaitu dengan cara menjalankan System File Checker. Berikut Caranya:
  1. klik start,ketik CMD pada kolom search , klik kanan pada CMD dan pilih menu Run as administrator . atau dengan cara tekan tombol Windows + R ,lalu ketik CMD dan tekan enter
  2. pada jendela CMD , ketik sfc /scannow dan tekan enter .perintah ini akan men-scan semua file yang rusak dengan file backup di %WinDir%\system32\dllcache.
  3. ketika proses selesai , anda akan mendapatkan notifikasi (Windows Resource Protection did not Find any integrity Violations) jika tidak ada file sistem yang bermasalah. jika ada file sistem yang rusak maka sistem file checker akan memperbaikinya secara otomatis.
  4. jika mendapatkan pesan (Windows Resource Protection could not perform the requested operation) ,lakukan system file checker di safe mode,caranya klik start,ketik msconfig dan klik program tersebut.
  5. klik menu boot dan pilih opsi safe boot
  6. lakukan restart dengan mengetik shutdown -r atau melalui tombol start dan ulangi langkah pertama.
 2.Perbaiki Disk Bermasalah
⇛selain file sistem yang rusak , ada kalanya disk juga bisa bermasalah akibat komputer yang dimatikan secara langsung atau mati secara tiba-tiba karena aliran listrik yang terputus.
tidak jarang , anda mendapati flashdisk yang terdapat file dengan nama acak menggunakan karakter kotak , dan ukuran flashdisk pun bertambah besar melebihi kapasitas normal. pada kondisi ini menaruh data pada flashdisk tersebut merupakan suatu hal yang riskan karena data dapat hilang ,atau flashdisk sama sekali tidak bisa digunakan.
untuk mengatasi permasalahan ini ,sebaiknya lakukan perawatan rutin disk menggunakan Check Disk Utility.
Berikut Langkah -langkahnya:
  1. Buka CMD
  2. kemudian ketik chkdsk /f /x /r h: , ( h:  merupakan drive yang ingin di-scan , parameter /x akan memaksa drive yang dapat di-scan , parameter /r akan memperbaiki bad sector pada disk.
  3. ketika proses selesai , anda akan mendapatkan pesan Windows has checked the file system and found no problem ,artinya , tidak terdapat permasalahan di disk yang di-scan , jika ada permasalahan pada disk maka dengan penggunaan parameter /f dan /r , Check Disk Utility akan memperbaiki disk.
  4. jika disk tidak dapat di-scan maka Check Disk Utility akan menawarkan scan pada saat boot . ketik Y untuk setuju atau N untuk membatalkan.
  5. anda juga dapat memeriksa dengan tampilan  GUI . yaitu memilih menu properties pada drive yang akan di-scan.
  6. pilih menu tools dan klik tombol check now
  7. pastikan opsi pertama  dipilih , opsi kedua digunakan untuk mengecek bad sector , lalu klik start , jika ada permasalahan  check disk utility akan memperbaiki secara otomatis.
  8. klik see details untuk menampilkan hasil lengkap scan.
3.untuk memastikan jaringan terkoneksi ke suatu server
  1. buka CMD
  2. ketikan perintah ping namaserver dapat digunakan untukmengecek respon paket data dengan mudah , respon balasan akan diukur berdasarkan paket data yang diterima kembali beserta durasinya.
  3. contoh: ping google.com
4.mengecek alamat IP
  1. Buka CMD 
  2. Ketikan perintah ipconfig/all untuk menampilkan informasi pada setiap adapter yang terdapat pada komputer.
5.jika koneksi di dalam jaringan/internet bermasalah
  1. buka CMD
  2. ketikan  ipconfig/flushdns ,untuk menghapus caahe DNS
6.jika koneksi internet terasa tidak maksimal
  1. buka CMD
  2. ketikan netsh int ip reset  untuk mereset winshock dan TCP/IP
7.jika terdapat beberapa komputer yang terhubung dalam jaringan lokal , CMD dapat digunakan untuk mematikan/merestart komputer secara remote
  1. buka CMD
  2. ketikan shutdown /m \\alamat IP /r , contoh: shutdown /m \\192.168.1.33 /r
  3. ada beberapa perintah lain misalnya yang dapat ditampilkan dengan perintah shutdown/? seperti shutdown -r /m \\alamat IP /t 120/c komputer akan direstart dalam 2 menit.
8.  jika letter selalu tidak muncul ketika mencolok flashdisk 
⇛hal ini berarti ada konfigurasi sistem yang tidak tepat . untuk mengatur konfigurasi penamaan letter secara otomatis ,sebagai berikut:
  1. buka CMD
  2. Ketik diskpart dan tekan enter
  3. ketik automount enable pada jendela CMD baru dan tekan enter
  4. kini sistem akan secara otomatis memberi letter pada diskpart baru yang dicolokan.   
Itulah beberapa tips dan trick CMD yang saya rangkum dalam blog ini,jika ada kesalahan atau kekurangan, berikan komentar atau saran, sekian terima kasih.👊👊👊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search

Pages